-->

6 Tips Mengatasi Cpu Menyala tetapi Monitor Mati

CPU tidak mau menyala - Hello sobat pecinta teknologi salam hangat semua. sekarang saya akan mencoba berbagi tentang sebuah pengalaman yang mungkin pengalaman tersebut anda saat ini sedang mengalaminya. pengalaman tersebut saya rasa banyak yang mengalami yaitu permasalah tentang komputer yang sepertinya eror, tidak mau menyala, CPU hidup tapi tidak ada apapun yang tampil di layar monitor. Tentunya masalah CPU menyala namun monitor mati VGA hanya blank hitam saja tidak menampilkan apa2 ini bukan masalah yang aneh ini terjadi karena beberapa alasan salah satunya bisa jadi karena RAM, prosesor, kabel VGA, dan lain sebagainnya sebagai seorang yang baru dalam dunia komputer anda bisa mencoba beberapa tips bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

mengatasi CPU nyala tapi monitor mati


Saya pikir Masalah ini adakah salah satu masalah yang seering di hadapai oleh pengguna komputer. rusak bisa tiba-tiba komputer mati namun anda masih mendengar bunyi kipas yang masih menyala / CP masih menyala. jika ini terjadi setidaknya anda bisa melakukan beberapa hal yang ada di bawah ini. harap dipastikan bahwa semua kabel sudah terpasang dengan baik

Baca artikel lain :  6 Tips Paling Mudah Merawat Laptop Agar Awet

Cara Mengatasi CPU masih menyala namun Monitor Mati 


  1. Periksa Monitor apakah monitor masih menyala dengan baik / masih normal anda bisa melihat lampu indikator yang ada di monitor. biasanya jika lampu indikator berkedip-kedip berarti tidak ada arus yang masuk ke VGA / monitor. permasalah biasanya terletak di CPU. hal yang paling mudah mengetest apakah monitor bekerja dengan baik bisa dengan cara mengetestnya dengan CPU lain yang masih normal atau mungkin dengan TV tooner  dan lain sebagainya untuk memastikan apakah Monitor masih bekerja dengan baik atau tidak.
  2. Ceck kembali kabel VGA apakah sudah terpasang dengan benar / lepas dan pasang kembali kabelnya.
  3. Coba pencet Numlock atau Capslock Keyboard. Apabila masih belum ada tampilan ke monitor, coba pencet tombol numlock atau tombol capslock pada keyboard anda. Apagila lampu indikator capslock dan numlock menyala, kemungkinan yang bermasalah ada pada monitor anda.
  4. Buka casing CPU dan lepaskan  bersihkan RAM nya. bisa dengan penghapus / setip ujungnya ( koneksi) kemudian pasang kembali dengan benar.
  5. Jika masih belum berhasil berhasil coba anda pasang Memory anda pada slot yang bebeda. Apabila anda menggunakan lebih dari satu keping memory anda coba gunakan salah satu dari memori tersebut, karena kemungkinan salah satu dari memory tersebut ada yang mati.
  6. Kemungkinan VGA jika sampai di langkah ini masih belum membuahkan hasil. Coba anda pinjamkan VGA dari komputer lain. Apabila tetap tidak ada tampilan kemungkinan kerusakan ada pada motherboard anda.motherboard ini bisa jadi prsessornya, atau komponen yang ada di dalam motherboard.

Semoga pengamana  tentang cara mengatasi CPU tidak mau menyala di atas bisa membantu.

You Might Also Like: