-->

11 Tips Rahasia Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat baterai Laptop - Baterai adalah komponen penting yang ada di dalam laptop yang berfungsi menjadi sumber tenaga untuk laptop itu sendiri. sehingga jika mengalami kerusakan / ngedrop maka laptop tidak bisa di nyalakan kecuali dengan tenaga listrik. bagi anda yang ingin menjaga agar tetap terjaga laptopnya ada beberapa saran atau tips yang mungkin ini akan berguna bagi anda. jangan sampai terlambat untuk mengetahuinya karena anda mungkin informasi ini akan berguna bagi anda.

cara merawat baterai laptop


Hal yang sering kita jumpai adalah baterai yang cepat drop atau habis dayanya. Padahal baru menggunakannya 1-2 jam untuk aktivitas kerja atau pun kita gunakan untuk mengerjakan tugas kuliah atau pun sekolahan dan hal itu serign terjadi para kita tanpa kita sadari akan sangat merugikan kita dan membuat kita untuk senantiasa mencharger baterai dalam waktu yang singkat karena baterai laptop yang kita miliki sudah ngedrop.

11 Tips Rahasia Cara Merawat Baterai agar barerai tidak mudah ngedrop


  1. Jangan menggunakan laptop secara berlebihan. Maksudnya jangan sampai anda menghidupkan laptop anda terlalu lama untuk bekerja atau pun melakukan kegiatan dengan laptop anda.
  2. Saat pemakaian, pastikan suhu ruangan berada dalam kondisi normal atau tidak terlalu panas. Anda bisa menggunakan cooling pad jika perlu untuk menjaga suhu ruangan anda sedang berada.
  3. Hindari sebisa mungkin baterai kosong sampai 0%. Langsung charger jika baterai mulai limit.
  4. Jika sudah penuh, maka segeralah cabut kabel charger laptop Anda.
  5. Hindari baterai dari air dan panas matahari secara langsung. Hindari juga dari debu yang dapat merusak komponen.
  6. Jangan menghidupkan laptop yang sedang dicharger. Tunggulah untuk beberapa waktu sampai benar benar baterai laptop dalam keadaan penuh.
  7. Ketika charge baterai, perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai drop.
  8. Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Karena seperti yang kita ketahui, smeakin terang layar laptop anda maka semakin banyak konsumsi daya tahan baterai yang di perlukan laptop anda dan daya baterai akan semakin cepat habis.
  9. Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer.
  10. Jika baterai laptop anda sudah terlanjut rusak. Maka anda bisa membeli baterai laptop baru yang original agar kualitas yang di dapatkan juga sangat baik walaupun harganya mungkin agak sedikit mahal dari charger kualitas biasan.
  11. Hindari melepas baterai apabila tiba-tiba listrik padam, karena dapat mempengaruhi perangkat laptop dan mengakibatkan konsleting hardware.

tips cara merawat baterai laptop di atas tentunya membutuhkan sedikit ketelatenan karena anda akan mengetahui hasilnya dalam waktu yang panjang. selamat mencoba.

You Might Also Like: