Dinamika Kelompok Kerja Dan Kerja Sama Tim - informasi ini mungkin akan berguna untuk anda semunya yang sedang mencari tentang problema kelompok kerja tim, ada beberapa aspek yang harus anda ketahui seperti urain berikut ini.
KELOMPOK, TIM DAN KERJA SAMA
Karakteristik kelompok :
- Interaksi antarpribadi, dmana masing-masing saling mempengaruhi
- Struktur, yaitu berupa aturan maupun norma
- Tujuan yaitu motivasi baik yang bersifat individual maupun kelompok
- Persepsi kelompok yaitu perasaan sebagai satu entitas atau kesatuan yang tunggal
- Saling ketergantungan
Kelompok formal
• Kelompok dalam organisasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kelompok fornal dan nonformal.
• Kelompok formal merupakan kelompok yang terbentuk dengan menggunakan kewenangan formal dalam organisasi
• Kelompk formal yang terdiri atas manajer dan karyawan yang supervisinya disebut kelaompok fungsional atau tim komando.
Permasalahan kelompok
• Konflik kepribadian
• Tugas pekerjaan yang tidak jelas
• Ketidaksiapan
• Kurang dalam kerja tim
Norma kelompok
• Mau mendengar, tidak bersikap defensif terhadap pemikiran dan kritik orang lain
• Hadir di ruang pertemuan 5 menit sebelumnya
• Hanya satu orang yang berbicara, yang lain mendengar, tidak semua berbicara dalam waktu yang sama, namuan berbicara secara bergantian
• Datang ke rapat dengan data dan fakta
• Tidak hanya menyampaikan masalah, namun juga alternatif solusi
Karakteristik kinerja tim yang tinggi
- Tujuan yang jelas
- Pengarahan oleh tugas dan orientasi terhadap hasil kerja
- Anggota yang kompeten dan berkomitmen
- Iklim kolaboratif
- Standar yang tinggi
- Penghargaan dan dukungan pihak eksternal
- Kepemimpinan yang kaut dan berprinsip
Pembelajaran Organisasi
• Unsur-unsur utama yang perlu dipersiapkan dalam pembelajaran organisasi, antara lain :
- Mental models
- Personal mastery
- System thinking
- Shared vision
- Team learning
Kreativitas dan Inovasi
Proses kreativitas dan inovasi
• Penciptaan ide
• Penelitian awal
• Penetapan kelayakan
• Aplikasi akhir
Karakteristik organisasi inovatif
• Idea generator
• Information gatekeeper
• Product champion
• Project managers
• Innovation leader
Strategi perubahan
• Strategi pemaksaan
• Strategi persuasif
• Strategi pembagian kekuasaan
Resistensi
• Ketakutan menjadi pihak yang tidak mengetahui
• Kekacauan biasa
• Kehilangan kepercayaan diri
• Kehilangan kontrol
• Kesalahan pemilihan waktu
• Kelebihan beban pekerjaan
• Kehilangan muka
• Kesenjangan maksedu dan tujuan