-->

6 Cara Mengetahui & Mengatasi Monitor Komputer Tidak Menyala

Cara mengatasi masalah Monitor tidak mau menyala - Beberapa waktu lalu saya dikejutkan dengan masalah monitor yang tidak mau menyala seperti biasanya. saya mencoba mencari tahu apa penyebabnya. pengalaman ini mungkin akan berguna bagi anda semua yang mungkin kebetulan mempunyai masalah yang sama. Monitor ini tentu sebagai bagian penting dari sebuah komputer jika ada masalah di monitor tersebut tentu saja aktifitas komputer jadi terhenti. dari uraia n di bawah ini anda bisa mencari tahu yang kemungkinan monitor ini tidak menyala karena CPU atau monitor itu sendiri. selengkapnya lihat di bawah ini.


Baca juga : Cara Memasang / Mencolokkan Kabel ke CPU Komputer/PC

cara mengatasi monitor tidak mau menyala


Mengetahui Penyebab dan cara mengatasi Monitor tidak menyala

  1. Pastikan kabel listrik dari CPU atau power supply ke monitor telah terpasang dengan baik dan kencang. Tanda bahwa arus telah diterima monitor adalah lampu power monitor telah menyala.
  2. Pastikan kabel penghubung CPU ke monitor, baik kabel HDMI, DVI atau kabel VGA standar terhubung dengan baik dan tidak ada pin yang patah, bengkok atau pun kotor.
  3. Penyebab monitor tidak menyala lainnya biasanya adalah karena RAM yang rusak atau kotor. Untuk memastikannya, lepaslah RAM lalu bersihkan debu baik di permukaan kaki-kaki RAM maupun yang ada di dalam slot yang ada pada motherboard. Untuk kaki-kaki RAM Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil, lalu pasang kembali, jika perlu pindahkan ke slot lainnya jika tersedia.
  4. Selanjutnya jika monitor komputer masih belum menyala, Anda bisa mengecek arus yang dihasilkan power supply apakah masih sebesar 5 volt dan 12 volt. Power supply yang kualitas tegangannya telah menurun juga bisa menjadi penyebab monitor tidak menyala.
  5. Jika Anda memakai VGA tambahan, maka lepaslah terlebih dahulu dan coba pasang di komputer lain untuk memastikan apakah masih bisa dipakai atau tidak.
  6. Faktor lain yang sering menjadi penyebab monitor tidak menyala adalah pemasangan komponen yang tidak sempurna atau masih ada yang goyang. Periksa semua kabel yang menghubungkan antar komponen, misalnya kabel harddisk, kabel CD-ROM dan komponen lainnya, pastikan semuanya terpasang dengan baik. Untuk mengecek harddisk, Anda bisa memasangnya ke dalam komputer lain terlebih dahulu.

Terima kasih telah membaca artikel saya tentang cara mengatasi monitor mati dan tidak mau menyala. semoga bisa berguna.

You Might Also Like: