-->

Cara Mengatasi Ponsel Yang Tidak Bisa Mengisi / Charging

Cara mengatasi Ponsel yang tidak bisa charging / mengisi daya baterai— Salah satu masalah yang sering di hadapi oleh pengguna android adalah charger, masalah ini sering terjadi karena mengecas adalah aktifitas yang paling sering di lakukan apalagi Handphone android ini adalah hanphone canggih yang menggunakan daya yang besar tentu pemakain daya / tenaga juga semakin besar maka proses mengecas pun akan semakin cepat / sering. oleh karena itulah ponsel sering terjadi masalah bisa koneksi nya putus, charger rusak, batere rusak, atau program android itu sendiri yang eror padahal dari segi koneksi charger dama charger itu sendiri normal-normal saja.
cara mengatasi Hp android tidak mau mengisi


 Solusi Cara mengatasi ponsel Android tidak Mau Mengisi

  1. Penyebabkan perangkat tidak bisa mengisi ulang adalah karena adanya kotoran atau benda kecil lain yang mengganjal dalam port micro usb. Debu, kotoran dan remah-remah makanan bisa masuk ke dalam port micro USB smartphone, jadi pastikan port tersebut atau kabel penghubungnya bersih.
  2. Selain itu, jangan lakukan pengisian ulang di tempat yang dekat dengan cairan atau tempat lembab lainnya. Pengisian ulang baterai yang berlebihan juga tidak disarankan. Tak perlu menghubungkan charger semalaman penuh jika baterai hanya perlu disetrum satu atau dua jam.
  3. Kebanyakan gagal isi ulang berada pada kabel charger USB, atau port USB-nya. Bisa jadi smartphone tidak mau mengisi ulang daya karena koneksinya longgar. Kabel yang tidak sesuai juga membuat pengisian ulang baterai lebih lama. Ada beberapa cara yang bisa dilakuan untuk merawat kabel dan port USB dalam smartphone.
  4. Pertama-tama, bersihkan port micro USB baik di smartphone atau kabel. Cara ini menjadi cara termudah jika Anda menghadapi situasi semacam itu. Permukaan metalik dalam port USB yang kotor menyebabkan kontak dengan kabel microUSB terganggu. Gangguan kontak juga bisa disebabkan karena kesalahan desain dari pabrik, atau karena seringnya kabel dilepas-pasang terus menerus. Penggunaan kabel yang berbeda-beda juga bisa merusak port microUSB, karena walau tipenya sama, kadang ukuran sedikitberbeda.Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah,dengan mengungkit lempengan kecil di dalam port USB. Anda bisa menggunakan benda kecil seperti pinset atau tusuk gigi untuk melakukannya. Lakukanlah cara ini saat smartphone dalam kondisi mati dan baterainya dilepas.Beberapa model smartphone memiliki unit kepala charger dan kabel yang terpisah. Pastikan terlebih dahulu bagian mana yangbermasalah. Kepala charger biasanya lebih awet, sementara kabel rentan rusak karena sering digulung atau ditekuk. Jadi sebelum membeli charger baru, cobalah menggunakan kabel lain yang sejenis.
  5. Mengisi ulang baterai dari soket listrik selalu lebih cepat dibandingkan dari PC atau laptop, karena arus listrik yang dialirkan berbeda. Dengan soket listrik, daya yang dialirkan bisa jadi dua kali lebih besar dibanding menggunakan PC atau laptop.Menggunakan kabel dan charger bukan dari bawaan smartphone juga bisa memperlambat pengisian ulang daya baterai. Karena masing-masing charger didesain sesuai dengan kebutuhan perangkat. Misalnya jika kita menggunakan kabel charger pemutar mp3, maka charger tersebut tidak terlalu kuat untuk mengisi daya baterai smartphone, sehingga makan waktu lama. Periksa juga apakah soket listrik bekerja dengan optimal mengalirkan daya, menggunakan tespen.  Pengisian ulang daya baterai akan semakin lebih cepat jika Anda menggunakan mode Airplane atau mematikan smartphone/tablet.
  6. Yang terakhir, mungkin baterai perangkat Anda sudah mulai rusak. Jika perangkat Anda bisa dibuka penutup baterainya, lepas dan periksa baterai. Lihat apakah ada gelembung di permukaan baterai atau kebocoran. Jika ada, maka cepatlah bersihkan dengan kain halus secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi. Jika perangkat smartphone atau tablet Anda tidak bisa dilepas baterainya, cobalah letakkan perangkat di permukaan datar, lalu cobalah putar perangkat. Jika ternyata berputar, maka kemungkinan  baterai telah mengembung dan menekan permukaan perangkat. Namun trik ini juga harus melihat desain permukaan smartphone terlebih dahulu.Gantilah baterai sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pabrik. Baterai baru yang orisinil setidaknya tahan selama dua tahunsebelum harus diganti, walau tergantung juga dengan siklus pengisian ulang baterai.Jika baterai rusak terlalu cepat, periksalahgaransi, siapa tau Anda bisa mendapatkan unit pengganti secara gratis.
Terima kasih dan selamat mencoba semoga artikel tentang cara mengatasi HP android tidak mau charging bisa membantu anda semua. 

You Might Also Like: